Senin, 30 Januari 2017

Assalamualaikum....
IZ.. BERKARYA ASSALAFIYAH JAYA

Kita Awali Angkatan 2018 Dengan Sesuatu Yang Belum Pernah Ada
 karna mungkin...kterbatasan baik segi fasilitas maupun kwalitas ...kami harap masukan apapun yang anda fikirkan dan membangun untuk MENJUNJUNG NAMA BAIK  El -ADTIEZ ....sangat di butuhkan..dan sangat dinantikan.....walaupun mungkin sekarang ini kita sedang terombang ambing ...tapi tidak memutuskan semangat juang kita meraih 1002 HATAM & FAHAM.......blogg ini saya buat...untuk menampung dan mendokumentasikan baik karya, sejarah, keluh kesah, puisi, pantun, cerpen.canda tawa kalian dll.....intinya...semua Hasil  Dari Diri Kita....bisakah..bermanfaat untuk publik yg sekarang kta hrus terjun di Dunia Publik...yg jauh dari kesalafan....v sblumnya Coba kita terjun di M4H ASSALAFIYAH.....yg pling berkesan dan meninggalkan banyak knangan baik untuk kita guru kita dan ade klas kita bahkan kk klas kita apaa????...spt puisi q..simak yaaa

~~~ SEBELUM KITA MENINGGALKAN
                SESUATU YANG KITA TINGGALKAN
DAPATKAH KITA MENINGGALKAN ATSAR .....
YANG KITA LAKUKAN...YANG MUNGKIN SELALU TERKENANG....!!!!
      INI  MENJADI PERTANYAAN ?.?.?.?.?
BAHKAN MENJADI TANTANGAN
~~~~APA ARTI SEBUAH KEHIDUPAN......
,,,,JIKA DI RENUNGKAN DAN INGIN Q KATAKAN....
____  HIDUP  -  INI   -  ADALAH  -  PENGORBANAN  ___

coba mampukah kta bersaing dngan podk2an yg sudah terjun di dunia luar...dg hadirnya karya yg mereka buat....tak ada salahnya mari kita mencoba ....tapi bukan coba coba..hehe...
masih dlm proses
TERJEMAH MAKSHUD




بِِِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرّحِيْمِ
يَقُوْلُ بَعْدَ حَمْدَ ِذي الجَلالِ   ©   مُصَلِيًا عَلَي النَّبِي وَالال
Berkatalah setelah memuji Dzat Yang Maha Mulia
Serta membaca Sholawat Terhadap Nabi Muhammad SAW  & KeluargaNyaِ

عَبْدٌ اَسِيْرُِ رَحْمَةِ الكَرِيْمِ    ©     اَيْ اَحْمَدُ بْنُ عَابِدِ الرَّحِيْمِ

Yaitu Seorang Hamba yang menjadi tawanan Nya Dzat Yang Mulia
Yang bernama AHMAD BIN ABIDIRRAHMAN

(اَبْوَابُ الفِعْلِ الثُلاثِي)
BAB – BABNYA FIIL TSULASI MUJAROD

فِعْلٌ ثُلاثِيٌ اِذَا يُجَرَّدُ     ©     اَبْوَابُهُ سِتٌ كَمَا شَتُسْرَدُ
Fiil Tsulasi Mujarod itu Babnya ada 6
Sebagaimana yang akan di terangkan

فَالعَيْنِ اِنْ تُفْتَحْ بِمَاضٍ فَاكْسِرِ     ©      اَوْ ضُمَّ اَوْ فَا فْتَحْ لَهَا فِي الغَابِرِ
Apabila Ain  )Fiil Madhi dibaca Fathah ((فَعَلَ,Maka bacalah Kasroh(يَفْعِلُ)
Atau Dhomah  (يَفْعُلُ)atau Fathah (يَفْعَلُ) pada Ain (ع) Fiil Mudhorenya

وَاِنْ تُضَمَّ فَاضْمُمَنْهَا فِيْهِ      ©      اَوْ تَنْكَسِيْر فَافْتَحْ وَكَسْرًا عِيْهِ
Apabila Ain ( Fiil Madhi dibaca Dhomah ((فَعُلَ Maka bacalah dhomah  يَفْعًلً)) pada Ain (ع)  Fiil Mudhorenya, Apabila Ain (ع) Fiil Madhi dibaca kasroh  (فَعِلَ ) Maka bacalah Fathah (يَفْعَلُ)  atau Kasroh يَفْعِلُ)) pada Ain ) Fiil Mudhorenya

وَلامٌ اَوْ عَيْنٌَ بِمَا قَدْ فُتِحَا     ©      حَلْقِي سِوَى ذَ بِالسُّدُوذٍاتَّضَحَا
Syarat Bab 3 Lam( ل ) Fiil atau Ain (ع) Fiil harus berupa huruf halaq ( ا ء ح خ ع غ ه )
Dan didalam Fiil Madhi atau Mudhore Ain (ع) Fiil nya di baca Fathah  (فَعَلَ – يَفْعَلً)selain itu maka hukumnya Syadz


<فاكسر))>  Bab 2*فَعَلَ – يَفْعِلُ* Bab ini kebanyakan datang berupa Fiil Mutaadi spt c/:
                 ضَرَبَ – يَضْرِبُ (Memukul)  & رَمَي – يَرْمِي (Melempar) dan berupa Fiil Lazim spt c/:
         جَلَسَ – يَجْلِسُ( Duduk)                                            
                                                                                                                                      
<(او ضمّ )> Bab 1*فَعَلَ – يَفْعُلُ*  Spt c/: نَصَرَ – يَنْصُرُ( Menolong ) dan قَتَلَ – يَقْتُلُ ( Membunuh )

<فافتح ))> Bab 3  *فَعَلَ – يَفْعَلُ* Spt c/: مَنَعَ – يَمْنَعُ( Mencegah ) dan فَتَحَ – يَفْتَحُ (Membuka)
<(فاضممنها)> Bab 5 *فَعُلَ - يَفْعُلُ* Dibaca Dhomah Ain (ع) Fiilnya baik di dalam Fiil Madhi
maupun Fiil Mudhore,Bab ini hanya berupa Fiil Lazim spt c/: حَسُنَ – يَحْسُنُ (Bagus)  dan عظم – يعظم (Mulia)
<(اوتنكسرفافتخ)> Bab 4 *فَعِلَ - يَفْعَلُ* Spt c/: عَلِمَ – يَعْلَمُ (Mengetahui ) dan فَرِحَ – يَفْرَحُ (Senang)
<(وكسرعيه)> Bab 6 *فَعِلَ - يَفْعِلُ* Spt c/: حَسِبَ – يَحْسِبُ (Menghitung) dan ؤَثِقَ – يَثِقُ (yaqin)
<(ولام او عين)> *Syarat bab 3 Lam( ل ) Fiil atau Ain (ع) Fiil berupa huruf halaq* spt c/:
 سَاَلَ- يَسْاَل (Mengalir) dan مَدَحَ – يَمْدَحُ  (Memuji)
<(سوى ذا)> *Jika tidak ada syarat tapi ikut bab 3 maka hukumnya syad* spt c/:  اَبَى – يَاْبَى (Membangkang)  سَلَى – يَسْلَى (Memilih)  قَلَى – يَقْلَى(Marah)


(فصل في ابواب الرباعي المجردوما الحق به)
FASAL BAB – BABNYA FIIL RUBAI MUJAROD DAN MULHAKNYA

 ثُمَّ الرُّبَاعِي بِبَابٍ وَاحِدِ    ©     وَالْحِقْ بِهِ سِتًا بِغَيْرِ زَا ئِدِ
Fiil Rubai Mujarod hanya ada 1 bab (فَعْلَلَ)  dan buatlah 6 bab pada Mulhaq Rubai Mujarod dengan tanpa adanya tambahan huruf
فَوْعَلَ فَعْوَلَ كَذَاكَ فَيْعَلا    ©     فَعْيَلَ فَعْلَى وَكَذَاكَ فَعْلَلا
Yaitu wazan   فَوْعَلَ   فَعْوَلَ   فَيْعَل    فَعْيَلَ   فَعْلَىَ   فَعْلَل 
(فصل في ابواب الثلاثي المزيد)
FASAL BAB – BABNYA FIIL TSULASI MAZID

زَيْدُ الثُّلاثِي اَرْبَعٌ مَعْ عَسْرِ    ©     وَهْي لاقْسَامٍ ثَلاثِي تَجْرِي
Fiil Tsulasi Mazid jumlahnya ada 14 bab dan terbagi menjadi 3 bagian

اَوَّلُهَاالرُّبَاعِ مِثْلُ اَكْرَمَا    ©     وَفَعَّلَ وَ فَاعَلَ كَخَا صَمَا
Pertama dari Fiil Tsulasi Mazid yaitu yang terdiri dari 4 huruf (Tsulasi Mazid Rubai) Jumlahnya ada 3 bab yakni spt اكرم (اَفْعَلَ  ) , فَعَّلَ dan  فاعَلَ Spt c/: خَاصَ

<بباب واحد))>Fiil Rubai hanya satu bab yaitu   فَعْلَلَ, Bab ini datang berupa Fiil Lazim spt c/: دَرْبَجَ – يُدَرْبِجُ () dan Mutaadi sptc/: دَحْرَجَ – يُدَحْرِجُ ()
<(ستا)>          *ada 6 bab* Yaitu dari bab – babnya Tsulasi Mujarodyang di tambahkan satu huruf < berarti Rubai Mujarod Yang Mulhaq> Wazannya yaitu dibawah ini
<( فَوْعَلَ)>  C/: حوقل   Asalnya Lafad  حقل 
<( فَعْوَلَ)>  C/:  جهور  Asalnya Lafad    جهر
<( فَيْعَل)>   C/: بيطر   Asalnya Lafad   بطر  
<( فَعْيَلَ)>   C/: عثير    Asalnya Lafad    عثير
<( فَعْلَىَ)>   C/: سلقى   Asalnya Lafad   سلق
<( فَعْلَل )>   C/: جلبب   Asalnya Lafad   جلب  
<(اَكْرَمَ)>   Asalnya Lafad   كرم   bab ini ( Tsulasi Mazid Rubai Wazan افعل )itu pada umumnya datang berupa Fiil Mutaadi dan datang berupa Fiil Lazim spt c/: ادبر () Faidah dari bab ini itu banyak Mushonef akan menyebutkantentang kesempurnaan pembahasan faidah di dalam    فصل ا لفوائد
<(فعل)> Spt c/: خَرَّجَ   يُخَرِِّجُ   تَخْرِجًا           يnya didalam Seghot Masdar pada lafad تَخْرِجًا itu pengganti dari tasdid yang ada di dalam Fiilnya yang asalnya خَرَّجَ
<(فاعل)> قاتل  يقاتل  مقاتلة وقتا asalnya lafad tsb قَتَلَ



وَاخْصُصْ خُمَاسِيًا بِذِي الاَوْزَانِ    ©     فَبَدْؤُهَاكَانْكَسَرَ وَالثَّانِي
Tentukanlah Fiil Tsulasi Mazid Khumasi Dengan wazan – wazan berikut
Yang pertama spt  انكسر (انفعل)  dan yang ke dua

اِفْتَعَلَ افعْلََّ كَذَا تَفَعَّلا    ©    نَحْوُ تَعَلَّمَ وَزِدْ تَفَاعَلا
 اِفْتَعَلَ افعْلََّ begitu juga wazan تَفَعَّل  spt c.: تَعَلَّمَ dan di tambah wazan تَفَاعَل

ثُمّ َالسُّدَاسِي اسْتَفْعَلا    ©     وَافْعَوَّلَ افْعَنْلَى يَلِيْهِ افْعَنْلَلا
Kemudian di dalam Fiil Tsulasi Mazid Sudasi dengan Wazan – wazan berikut اسْتَفْعَل
 افْعَوَّلَ افْعَنْلَى yang beriringan dengan wazan افْعَنْلَل
وَافْعَالَ مَا قَدْ صَاحَبَ اللامَيْنِ    ©     زَيْدُ الرُّبَاعِيِ عَلَي نَوْعَيْنِ
Dan wazan افْعَالَ yaitu ketika lam (ل) Fiilnya beriringan ( di Tasdidi)
Fiil Rubai Mazid itu ada 2 bagian
ذِيْ سِتَةٍ نَحْوُ افْعَلَلَّ افْعَنْلَلا    ©    ثُمَْ الخُمَاسِي وَزْنُهُ تَفَعْلَلا
Yang pertama dr pembagian yaitu Fiil Rubi Mazid Sudasi  wazannya افْعَلَلَ dan  ّ افْعَنْلَل
Yang kedua yaitu Fiil Rubai Mazid Khumasi  wazannya  تَفَعْلَل

<(انْكَسَر )> انْكَسَر يَنْكَسِرُ اِنْكِسَارً bab  ini ( yg mengikuti wazan   (انفعلitu secara pastitidak ada Fiil Mutaadinya di karnakan asalnya bab ini yaitu berfaidah Muthowaah, Muthowaah yaitu Seorang yang melakukan pekerjaan menerima bekas dari pekerjaannya   * انْكَسَر artinya menjadi pecah..maka ada bekas dari pecahannya tsb*
<(ِفْتَعَلَ)>  spt c/:  اجتمع يجتمع اجتماعا  Asalnya lafad  جمع
<( افعْلََّ)> spt c/:احمر يحمر احمرار  Asalnya lafad حمر
<( تَفَعَّل)> spt c/:تكسريتكسر تكسرا  Asalnya lafadكسر
<( تَفَاعَل)> spt c/:تباعد يتباعد تباغد  Asalnya lafad بعد 
<( اسْتَفْعَل)> spt c/:استخرج يستخرج استخرجا  Asalnya lafadخرج 
<( افْعَوَّلَ)> spt c/:اعشوشب يعشوشب اعشيشابا  Asalnya lafadعشب 
<(افعوّل)> spt c/:   اجلوذ يجلوذ اجلواذ  Asalnya lafadجلد 
<( افْعَنْلَى)> spt c/:  اسلنقى  يسلنقى اسلنقاء  Asalnya lafadسلق 
<( افْعَنْلَل)> spt c/:اقعنسس يقعنسس اقعنساسا   Asalnya lafadقعس 
<( افْعَلَلَ)> spt c/:احمار يحملر احميرارا  Asalnya lafadحمر 
<( افْعَلَلَ)> spt c/:اقشعر يقشعر وقشعريرة   Asalnya lafadقشعر 
<( افْعَنْلَل)> spt c/: احرنجم يحرنجم احرنجاما  Asalnya lafadحرجم  
<(َتفَعْلَل)> spt c/: تدخرج يتدخرج تدخرجا  Asalnya lafadدخرج    
  

ما يزاد فيه ثلاثة احرف وهو ستة ابواب
ما يزاد فيه حرفان وهو خمسة ابواب
ما يزاد فيه حرف واحد وهو الثلاثة ابواب
1.  اِسْتَفْعَلَ  نَحْوُ اِسْتَخْرَجَ
( )
2.  اِفْعَوْلَ نَحْوُ اِعْشَوْشَبَ
()
3.  اِفَْعَوَّلَ نَحْوُ اِجْلَوَّدَ
()
4. اِفْعَنْلَى نَحْوُ اِسْلَنْقَى
()
5. اِفْعَنْلَل نَحْوُ اِقْعَنْسَسَ
()
6. اِفْعَالَّ نَحْوُ اِحْمَارَّ
()

1.  اِنْفَعَلَ  نَحْوُ اِنْكَسَرَ
(Menjadi Pecah)
2.  اِفْتَعَلَ نَحْوُ اِجْتَمَعَ
(Menjadi Kumpul)
3.  اِفعلَّ نَحْوُ اِحْمَرَّ
()
4. تَفَعَّلَ نَحْوُ تََكَسَّرَ
()
5. تَفَاعَلَ نَحْوُ تَبَاعَدَ
()
1.  اَفْعَلَ  نَحْوُ اَكْرَم
(Mulia)
2.  فَعَّلَ نَحْوُ حَرَّج
(Keluar)
3.  فَاعَلَ نَحْوُ قَاتَلَ
(Saling Membunuh)

(باب المصدروما يشتق منه)
BAB MASDAR DAN LAFAD YANG TERCETAK DARINYA

وَمَصْدَرٌ اَتَى عَلَي ضَرْبَيْنِ     ©     مِيْمِي وَغَيْرِهِ عَلَي قِسْمَيْنِ
Masdar terbagi menjadi dua
Masdar Mim dan Masdar Ghoiru Mim  * Masdar Ghoiru Mim juga dibagi dua

مِنْ ذِيْ الثَّلاثِ فَازَمِ الَّذِيْ سُمِعْ     ©     وَمَا عَدَاهُ فَالقِيَاسُ تَتَبِعْ
1. Masdar Ghoiru Mim yang dari Fiil Tsulasi itu  Samai
Dan 2. Masdar Ghoiru Mim yang dari selain Tsulasi (Rubai,Khumasi,Sudasi) itu Qiasi
مِيْمِي الثُّلاثِى اِنْ يَكُنْ مِنْ اَجْوَفِ     ©     صَحِيْحٍ اَوْ مَهْمُوْزٍ اَوْ مُضَعَّفِ
     Masdar Mim dari Fiil Tsulasi manakala Bina Ajwaf , Soheh , Mahmuz Atau Mudhoaf

اَتَى كَمَفْعَلٍ بِفَتْحَتَيْنِ      ©     وَشَذَّ مِنْهُ مَا بِكَسْرِ العَيْنِ
Maka mengikuti Wazan َمَفْعَلٌ dengan dibaca Fathah keduanya (Mim<م> dan Ain<ع>nya)
Dan dihukumi Syadz ketika membaca kasroh pada Ain<ع>fiilnya  (مَفْعِلٌ)
كَذَا سِمُ الزَّمَانِ وَالمَكَانِ مِنْ     ©     مُضَارِعٍ اِنْ لا بِكَسْرِهَا يَبِنْ
Begitu juga Isim Zaman dan Isim Makan mengikuti wazan مَفْعَلٌ apabila
Fiil Mudhorenya bukan yang dibaca kasroh (bab 2)

وَفْتَحْ لَهَا مِنْ نَاقِصٍ وَمَا قُرِنْ     ©     وَاعْكِسْ بِمُعْتَلٍ كَمَفْرُوقٍ يَعِنْ
Dan bacalah fathah pada Ain<ع>fiilnya  Bina Naqis dan Bina Lafif Maqrun
Dan baliklah (bacalah kasroh Ain<ع>fiilnya  ) pada Bina Mitsal dan Lafifi Mafruq  



<(ميمي الثلاث)>   spt c/:  مَصَانٌ   مَدْخَلٌ    مَمَدٌ 
<(وشذ الخ)> spt c/: مَطْلِعٌ  dari Madhi طَلَعَ يَطْلَعُ   dan مَسْجِدٌ  dari Madhi  سَجَدَ  يَسْجُدُ
؟<(من ناقص )> مدعو   مرمي  مسرا 
؟<(ما قرن)> spt c/: معطوى dan مقوى
<(واعكس بمعتل)> Yang dimaksud dengan Mutal di dalam bait ini yaitu kalimat yang  Fa (ف) Fiilnya berupa huruf elat dan dinamakan dengan Bina Mitsal spt c/: موعد  موضع  موجل  مورث  موسم 
<(كمفرق)> spt c/: موقى  موجى  مولىSesungguhnya Bina Lafifi Mafruq  disamakan seperti Bina Mitsal karna huruf awalnya ( Fa (ف) Fiilnya) berupa huruf elat. Dan disamakan seperti Bina Naqis karna huruf akhirnya (Lam (ل)Fiilnya) berupa huruf elat,  Menurut sebagian Ulama Bina Lafif Mafruq Hukumnya mengikuti Bina Mitsal karna melihat kesamaanya Fa (ف) Fiilnya Mushonef mengikuti pendapat ini  ,Dan menurut sebagian ulama yang lain Hukumnya sama dengan Bina Naqis karna kesamaanya Lam (ل) Fiilnya Imam yang menyarahi kitab Murokh mengikuti pendapat ini

وَمَا عَدَا الثُّلاثِ كُلا اجْعَلا     ©    مِثْلَ مُضَارِعٍ لَهَا قَدْ جُهِلا
Selain Fiil Tsulasi (Rubai,Khumasi,Sudasi) Apabila kamu menjadikan Masdar Mim    Isim Zaman / Isim Makan maka seperti Fiil Mudhore yang di Mabni Majhulkan           (ضم اوله وفتح ما قبل اخره)
كَذَا اسْمُ مَفْعُولٍ وَفَاعِلٍ كُسِرْ     ©     عَيْنًا وَاوَّلٌ لَهَا مِيْمًا يَصِرْ
Begitu juga  Isim Maful Dan Isim Fail, tapi pada Isim Fail  Ain (ع) Fiilnya dibaca Kasroh Sedangkan huruf Mudhoroahnya diganti Mim

(مثل مضارع ) Baik Fiil Mudhore yang Ain (ع) Fiilnya di baca Fathah atau Kasroh,  akan tetapi kamu harus mengganti Huruf Mudhoroahnya dengan Mim 
·        Fiil Mudhore Wazannya  (يَفْعُلُ) di mabnu majhulkan  ضم اوله وفتح ما قبل اخره (يُفْعَلُ )  kemudian huruf medhoroaahnya diganti Mim (مُفْعَلُ) 
Nah.. Wazan   مُفْعَلُ  ini berlaku untuk  Masdar Mim ,Isim Zaman / Isim Makan, Isim Maful
Dan untuk wazan Isim Fail  مُفْعِلٌ   , wazan tsb berlaku bagi selain Fiil tsulasi.  Yaitu
RUBAI , KHUMASI , DAN SUDASI  
 فعل ماض            مصدر ميم               اسم فاعل              اسم مفعول           اسم زمان/  اسم مكان  
رباعي    :      فَعَّلَ                   مُفَعَّلٌ          فهو       مُفَعِّلٌ        وذاك      مُفَعَّلٌ                   مُفَعَّلٌ 2        
خماسي    :      اِنْكَسَرَ              مُنْكَسَرً         فهو      مُنْكَسِرٌ       وذاك     مُنْكَسَرٌ                 مُنْكَسَرٌ2
سداسي    :     اِسْتَخْرَجَ           مُسْتَخْرَجٌ      فهو       مُسْتَخْرِجٌ    وذاك     مُسْتَخْرَجٌ              مُسْتَخْرَجٌ2





(فصل في هيئت الفعل الماضي معلوما ومجهولا وهمزة الوصل)
FASAL MENERANGKAN TINGKAHNYA FIIL MADHI MABNI MA’LUM ,MAJHUL DAN HAMZAH WASHOL

وَاَخِرَالْمَاضِي افْتَحَنْهُ مُطْلَقَا      ©     وَضَمُّ اِنْ بِوَاوِ جَمْعٍ اُلْحِقَا
     Bacalah Fathah pada akhir Fiil Madhi secara mutlaq  (فعلَ)   
Dan bacalah Domah ketika bertemu dengan wawu jamak ( فعلُو)

وَسَكِّنِ انْ ضَمِيْرَ رَفْعٍ حُرِكَا     ©     وَبَدْءُ مَعْلُوْمٍ بِفَتْحٍ سُلِكَا
        Bacalah Sukun ketika Fiil Madhi  bertemu dengan Domir Mutaharik Marfu (فعلْتَُِ)
     Dan awal Fiil Madhi Mabni Ma’lum dibaca Fathah

اِلاَّالْخُمَاسِىْ وَالسُدَسِىْ فَاكْسِرَنْ     ©     اِنْ بُِدِئَا بِهَمْزِ وَصْلٍ كَامْتَحَنْ
     Kecuali Fiil Khumasi dan Sudasi maka dibaca Kasroh awalnya
Apabila diawali dengan Hamzah Washol spt c/: اِمْتَحَنْ


<(مطلقا)>Muthlaq dari qoyid/batasan, maka dibaca Fathah akhir Fiil Madhi itu Umum ,Baik Fiil Tsulasi /Rubai ,Mazid dr keduanya(Tsulasi Mazid & Rubai Mazid) ,Lazim, Mutaadi, Soheh, Mu’tal, Mudoaf, Mahmuz, Ma’lum dan Majhul
Walaupun merofakan  Isim Dohir maka tetap mutlaq atau Domir Ghoib, Ghoibah ,2 Ghoib, 2 Ghoibah spt c/: ضرب زيد,  ضربت هند,  زيد ضرب, هند ضربت, الزيدان ضرب, الهندان ضربتا 
<(سكن)> Dibaca sukun (فعلْتَُِ) karna melihat kumpulnya 4 harokat didalam satu lafad maka hal tersebut seperti satu kalimat , sedangkan yang Saya (Mushonef) harapkanitu adalah Fiil Fail  *berarti 2 kalimat  dalam 1 lafad* spt c/:    ضربْتَُِ  

ثُبُوتُهَا فِيْ الاِبْتِدَا قَدِالْتُزِمْ      ©      كَحَذَفِهَا فِيْ دَرْجِهَا مَعَ الْكَلِمْ
Hamzah Washol wajib di tetapkan ketika berada di awal kalimat                               Seperti wajib di buang ketika berada di tengah – tengah kalimat
كَهَمْزٍ اَمْرٍ لَهُمَا وَمَصْدَرِ      ©      وَاَلْ وَاَيْمُنٍ وَهَمْزٍ كَاِجْهَرِ 
Spt juga Hamzahnya Fiil Amar & Masdar bagi Khumasi Dan Sudasi                                                     Hamzahnya  َاَلْ & َاَيْمُن juga spt c/: Hamzah اِجْهَر
وَاْبِنِمِ  ناِبْنِ نِانِبْنَةٍ وَاْثْنَيْنِ      ©        وَامْرِئِ نِامْرَاَةِ نِاثْنَتَيْنِ
Hamzahnya lafad َاْبِنِمِ ,  اِبْنِ ,  انِبْنَةٍ ,َاْثْنَيْنِ ,  امْرِئِ , امْرَاَةِ ,اثْنَتَيْنِ
كَذَااسْمُ نِاسْتٌ فِيْ اْلجَمِيْعِ فَاكْسِرَنْ      ©      لَهَا  سِوَىْ فِيْ اَيْمُنِ اَلْ فْتَحَنْ
Begitu juga Hamzahnya lafad ِاسْتٌ Pada keseluruhan c/: tsb Hamzahnya di baca Kasroh    Kecuali Hamzahnya Lafad  اَيْمُنِ&  اَلْMaka dibaca Fathah
وَاَمْرُ ذِيْ ثَلاثَةٍ نَحْوُقْتُلا       ©      ضُمَّ كَّمَّا بِمَا ضِيَيْنِ جُهِلا
Fiil Amarnya Tsulasi spt lafad  <اُفعل> اُقْتُلWajib di baca dhomah    Sama seperti Fiil Madhinya Khumasi & Sudasi yang di Mabni Majhulkan
وَبَدْءُ مَجْهُوْلٍ بِضَمٍ حُتِمَا       ©      كَكَسْرِ ساَبِقِ الَّذِيْ قَدْ خُتَمَا
Huruf awal Fiil Madhi yang di Mabni Majhulkan itu wajib di baca Dhomah             Sama<wajibnya> Membaca Kasroh pada huruf yang mendahului huruf akhir  
 
      <()>
<()>
<()>
<()>
<()>


(فصل في ابنية الضارع المعلم والمجهول)                        FASAL MENERANGKAN BANGUNANNYA FIIL MUDHORE                                                MABNI MAJHUL & MA’LUM
مُضَارِعًا سِمْ بِحُرُوْفِ نَاتِيْ      ©     حَيْثُ لِمَشْهُوْرِ الْمَعَانِيْ نَاتِيْ
Fiil Mudhore itu  di tandai dengan Huruf Mudhoroah  نَاتِيْ  (ن, ا, ت, ي )  Yang sekiranya Mana dari huruf tersebut itu sudah Masyhur
فَاِنْ بِمَعْلُوْمٍ فَفَتْحُهَا وَجَبْ      ©       اِلاَّالرُّبَاعِيْ غَيْرُ ضَمِّ مُجْتَنَبْ
Fiil Mudhore apbila Mabni Ma’lum maka huruf awalnya Wajib dibaca Fathah,             Kecuali Fiil Rubai  yang Huruf awalnya Wajib di baca Dhomah
وَمَا قُبَيْلَ الاخِرِاكْسِرْ اَبَدَا     ©      مِنَ الَّذِيْ عَلَى ثَلاثَةٍ عَدَا
Huruf sebelum akhir pada Fiil Mudhore wajib dibaca kasroh selamanya  baik itu Fiil Tsulasi atau seatasnya ( Rubai, Khumasi ,Sudasi)
فِيْمَا عَدَا مَا جَاءَ مِنْ تَفَعَلا     ©      كَالا تِيْ مِنْ تَفَاعَلَ اَوْ تَفَعْلَلا
Tapi di kecualikan dari hal ini (Huruf sebelum akhir  wajib dibaca kasroh)                       Yaitu Fiil Mudhore yang mengikuti wazan تَفَعَل,  تَفَاعَلَ& تَفَعْلَل (maka dibaca Fathah)
<()>
<()>
<()>

<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>

وَاِنْ بِمَجْهُوْلٍ فَضَمُهَا لَزِمْ      ©     كَفَتْحِ سَابِقِ الَّذِيْ بِهِ اخْتُتِمْ
 Fiil Mudhore ketika Mabni Majhul maka wajib di baca Dhomah huruf awalnya  
Sama spt membaca Fathah huruf yang mendahului huruf akhir
وَاَخِرٌ لَهُ بِمُقْتَضَى الْعَمَلْ     ©      مِنْ رَفْعٍ اَوْ نَصْبٍ كَذَا جَزْمٌ حَصَلْ
Huruf akhirnya Fiil Mudhore itu tergantung dengan Amilnya
 Baik dibaca Rofa , Nashob atau Jazm
اَمْرٌ وَ نَهْيٌ اِنْ بِهِ لام  تَصِلْ      ©      اَوْلا وَسَكِنْ اِنْ يَصِحْ كَلِتَمِلْ
Fiil Mudhore itu mempunyai mana Amar dan mempunyai mana Nahi Apabila bertemu dengan Lam (ل) Amar atau La (لا) Nahi, Bacalah Sukun akhir Fiil Mudhore apabila Soheh Akhir spt  c/: لِتَمِلْ
وَالاخِرِاحْدِفْ اِن يُعَلْ كَالنُوْنِ فِيْ     ©      اَمْثِلَةٍ وَنُونُ نِسْوَةٍ تَفِيْ
Buanglah akhir  Fiil Mudhore ketika huruf akhirnya di i’lal( berupa huruf elat), Sama halnya spt membuang Nun(ن) pada Afalul Khomsah, Tapi Nun (ن)nya Jamak Niswah jangan di buang (di tetapkan)
وَبَدْاُهُ احْذِفْ يَكُ اَمْرٌ حَاضِرِ      ©      وَهَمْزَ نا سُكِنَ تَالِ صَيِِّرِ
 Buanglah huruf awal pada Fiil Mudhore (yaitu huruf mudhoroah), Maka menjadi Amar hadir apabila kamu menjadikan Hamzah sbg pengganti huruf mudhoroah yang di buang  jika yang mengiring – ngiringinya itu sukun
اَوْ اَبْقِي اِنْ مُحَرَكًا ثُمَ الْتَزِمْ     ©        بِنَا ءَهُ مِثْلَ مُضَارِعٍ جُزٍمْ
Atau tetapkanlah (sisa huruf setelah huruf mudhoroah di buang ) , Jika yang mengiring – ngiringnya itu berharokat() Dan Mabnikanlah spt  Fiil Mudhore yang di baca Jazm
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>

(فصل في ابنية اسم الفاعل والمفعول والصفة المشبهة وامثلةالمبالغة)
كفاعل جئباسم فاعل كما      ©     يجاء من علم او من عزما
وماض نابضم عين ناستقر      ©      كضحم او ظريف الا ما ندر
 وان بكسر لازما جا كالفعل     ©      والافعل الفعلان واحفظ ما نقل
بوزن مفعول كذا فعيل      ©      جاء اسم مفعول كذا قتيل
لكثرة فعال او فعول     ©      فعل او مفعال او فعيل

<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
{}
<()>

<()>
<()>
<()>
(فصل في تصريف الصحيح)
وماض او مضارع تصرفا     ©      لاوجه كالامر والنهي اعرفا
ثلاثة لغائب كالغائبه     ©       كذا مخاطب وكالمخاطبة
ومتكلم له اثنان هما      ©       في غير امر ثم نهي علما
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في تصريف اسم الفاعل واسم المفعول وحكم نون التوكيد)

لعشرة يصرف اسم الفاعل     ©      فعلة وفاعلين فاعل
وفاعلين فعل فعال      ©       وفيهما اضمم فا وشذا التالي
فاعلة فا علتين فاعلا      ©      ت وفاعل كما قد نقلا
ثم اسم مفعول لسبع ياتي      ©     مفعولة وثن مفعولات
كذك مفعول مثناه ومف      ©        عولون ثم جمع تكسير يضف
ونون توكيد بالمر النهي صل      ©      وذات خف مع سكون لا تصل  
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في الفوائد والابدال )
بالهمز والتضعيف عد ما لزم     ©      وحرف جر ان ثلاثيا وسم
وغيره عد بما تاخرا      ©       وان حدفتها فلازما يرى
لصادر من اراين فاعلا     ©     وقل كالاله زيدا قاتلا 
ولهما او زائد تفاعلا     ©     وقد اتي لغير واقع جلا  

<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>


<()>

وابدل لتاء الفتعال طاءان       ©      فاء من احروف لاطباق تبن
كما تصير دالا ان زايا تكن     ©      او دالا كالازدجار صن
وان تكن فالافتعال يا سكن      ©      اوواواو ثا صيرن تا وادغمن
واحكم بزيد من اويسا هل تنم       ©       هو ذالا فوق الثلاث ان بذي المرام تم
      
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
وغالب الرباع عد ما عدا     ©     فعلل  فاعكسن كدربج اهتدى
كل الخماس لازم الا افتعل        ©      تفعل او تفاعلا قد احتمل
كذا السداس غيرباب استفعلا     ©      واسرندى وغرندى بمفعول صلا
لهمز افعال معان سبعة     ©      تعدية صيرورة وكثرة 
حينونة ازالة وجدان     ©       كذاك تعريض فذاالبيان
لسين الستفعال جا معاني      ©       لطلب صيرورة وجدان 
كذا اعتقاد بعداه التسليم     ©      سؤالهم كاستخبر الكريم

       <()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar