IZ.. BERKARYA ASSALAFIYAH JAYA
Kita Awali Angkatan 2018 Dengan Sesuatu Yang Belum Pernah Ada
karna mungkin...kterbatasan baik segi fasilitas maupun kwalitas ...kami harap masukan apapun yang anda fikirkan dan membangun untuk MENJUNJUNG NAMA BAIK El -ADTIEZ ....sangat di butuhkan..dan sangat dinantikan.....walaupun mungkin sekarang ini kita sedang terombang ambing ...tapi tidak memutuskan semangat juang kita meraih 1002 HATAM & FAHAM.......blogg ini saya buat...untuk menampung dan mendokumentasikan baik karya, sejarah, keluh kesah, puisi, pantun, cerpen.canda tawa kalian dll.....intinya...semua Hasil Dari Diri Kita....bisakah..bermanfaat untuk publik yg sekarang kta hrus terjun di Dunia Publik...yg jauh dari kesalafan....v sblumnya Coba kita terjun di M4H ASSALAFIYAH.....yg pling berkesan dan meninggalkan banyak knangan baik untuk kita guru kita dan ade klas kita bahkan kk klas kita apaa????...spt puisi q..simak yaaa
~~~ SEBELUM KITA MENINGGALKAN
SESUATU YANG KITA TINGGALKAN
DAPATKAH KITA MENINGGALKAN ATSAR .....
YANG KITA LAKUKAN...YANG MUNGKIN SELALU TERKENANG....!!!!
INI MENJADI PERTANYAAN ?.?.?.?.?
BAHKAN MENJADI TANTANGAN
~~~~APA ARTI SEBUAH KEHIDUPAN......
,,,,JIKA DI RENUNGKAN DAN INGIN Q KATAKAN....
____ HIDUP - INI - ADALAH - PENGORBANAN ___
coba mampukah kta bersaing dngan podk2an yg sudah terjun di dunia luar...dg hadirnya karya yg mereka buat....tak ada salahnya mari kita mencoba ....tapi bukan coba coba..hehe...
masih dlm proses
TERJEMAH MAKSHUD
بِِِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرّحِيْمِ
يَقُوْلُ بَعْدَ حَمْدَ ِذي الجَلالِ © مُصَلِيًا
عَلَي النَّبِي وَالال
Berkatalah
setelah memuji Dzat Yang Maha Mulia
Serta membaca
Sholawat Terhadap Nabi Muhammad SAW
& KeluargaNyaِ
عَبْدٌ اَسِيْرُِ رَحْمَةِ الكَرِيْمِ ©
اَيْ اَحْمَدُ بْنُ عَابِدِ الرَّحِيْمِ
Yaitu Seorang
Hamba yang menjadi tawanan Nya Dzat Yang Mulia
Yang bernama
AHMAD BIN ABIDIRRAHMAN
(اَبْوَابُ
الفِعْلِ الثُلاثِي)
BAB – BABNYA
FIIL TSULASI MUJAROD
فِعْلٌ ثُلاثِيٌ اِذَا يُجَرَّدُ ©
اَبْوَابُهُ سِتٌ كَمَا شَتُسْرَدُ
Fiil Tsulasi
Mujarod itu Babnya ada 6
Sebagaimana
yang akan di terangkan
فَالعَيْنِ اِنْ تُفْتَحْ بِمَاضٍ فَاكْسِرِ ©
اَوْ ضُمَّ اَوْ فَا فْتَحْ لَهَا فِي الغَابِرِ
Apabila Ain (ع)Fiil Madhi
dibaca Fathah ((فَعَلَ,Maka bacalah Kasroh(يَفْعِلُ)
Atau Dhomah (يَفْعُلُ)atau
Fathah (يَفْعَلُ) pada Ain (ع)
Fiil Mudhorenya
وَاِنْ تُضَمَّ فَاضْمُمَنْهَا فِيْهِ ©
اَوْ تَنْكَسِيْر فَافْتَحْ وَكَسْرًا عِيْهِ
Apabila Ain ((ع Fiil Madhi dibaca Dhomah ((فَعُلَ Maka bacalah dhomah يَفْعًلً)) pada Ain (ع) Fiil Mudhorenya, Apabila Ain (ع) Fiil Madhi dibaca kasroh
(فَعِلَ ) Maka bacalah Fathah (يَفْعَلُ) atau
Kasroh يَفْعِلُ))
pada Ain (ع) Fiil Mudhorenya
وَلامٌ اَوْ عَيْنٌَ بِمَا قَدْ فُتِحَا ©
حَلْقِي سِوَى ذَ بِالسُّدُوذٍاتَّضَحَا
Syarat Bab 3
Lam( ل ) Fiil atau Ain (ع) Fiil harus berupa huruf halaq ( ا ء ح خ ع غ ه )
Dan didalam
Fiil Madhi atau Mudhore Ain (ع) Fiil nya di baca Fathah (فَعَلَ – يَفْعَلً)selain itu maka
hukumnya Syadz
<فاكسر))> Bab 2*فَعَلَ – يَفْعِلُ* Bab ini kebanyakan datang berupa Fiil
Mutaadi spt c/:
ضَرَبَ –
يَضْرِبُ (Memukul) & رَمَي – يَرْمِي (Melempar) dan berupa Fiil Lazim spt c/:
جَلَسَ – يَجْلِسُ( Duduk)
<(او ضمّ )> Bab 1*فَعَلَ – يَفْعُلُ* Spt c/: نَصَرَ – يَنْصُرُ(
Menolong ) dan قَتَلَ – يَقْتُلُ ( Membunuh )
<فافتح ))> Bab 3
*فَعَلَ – يَفْعَلُ* Spt c/: مَنَعَ – يَمْنَعُ( Mencegah ) dan فَتَحَ
– يَفْتَحُ (Membuka)
<(فاضممنها)> Bab 5 *فَعُلَ - يَفْعُلُ* Dibaca Dhomah Ain (ع) Fiilnya baik di dalam Fiil Madhi
maupun
Fiil Mudhore,Bab ini hanya berupa Fiil Lazim spt c/: حَسُنَ
– يَحْسُنُ (Bagus) dan عظم – يعظم (Mulia)
<(اوتنكسرفافتخ)> Bab 4 *فَعِلَ - يَفْعَلُ* Spt
c/: عَلِمَ – يَعْلَمُ (Mengetahui ) dan فَرِحَ
– يَفْرَحُ (Senang)
<(وكسرعيه)> Bab 6 *فَعِلَ - يَفْعِلُ* Spt c/: حَسِبَ – يَحْسِبُ (Menghitung) dan ؤَثِقَ – يَثِقُ (yaqin)
<(ولام او عين)> *Syarat bab 3 Lam( ل ) Fiil atau Ain (ع) Fiil berupa
huruf halaq* spt
c/:
سَاَلَ- يَسْاَل (Mengalir) dan مَدَحَ – يَمْدَحُ (Memuji)
<(سوى ذا)>
*Jika tidak ada syarat tapi ikut bab 3 maka hukumnya syad* spt c/: اَبَى – يَاْبَى (Membangkang) سَلَى – يَسْلَى (Memilih) قَلَى – يَقْلَى(Marah)
(فصل في ابواب
الرباعي المجردوما الحق به)
FASAL BAB –
BABNYA FIIL RUBAI MUJAROD DAN MULHAKNYA
ثُمَّ
الرُّبَاعِي بِبَابٍ وَاحِدِ © وَالْحِقْ بِهِ سِتًا بِغَيْرِ زَا ئِدِ
Fiil
Rubai Mujarod hanya ada 1 bab (فَعْلَلَ) dan buatlah 6 bab pada Mulhaq Rubai Mujarod
dengan tanpa adanya tambahan huruf
فَوْعَلَ فَعْوَلَ كَذَاكَ فَيْعَلا ©
فَعْيَلَ فَعْلَى وَكَذَاكَ فَعْلَلا
Yaitu wazan فَوْعَلَ فَعْوَلَ
فَيْعَل فَعْيَلَ
فَعْلَىَ فَعْلَل
(فصل في ابواب
الثلاثي المزيد)
FASAL BAB –
BABNYA FIIL TSULASI MAZID
زَيْدُ الثُّلاثِي اَرْبَعٌ مَعْ عَسْرِ ©
وَهْي لاقْسَامٍ ثَلاثِي تَجْرِي
Fiil
Tsulasi Mazid jumlahnya ada 14 bab dan terbagi menjadi 3 bagian
اَوَّلُهَاالرُّبَاعِ مِثْلُ اَكْرَمَا ©
وَفَعَّلَ وَ فَاعَلَ كَخَا صَمَا
Pertama dari
Fiil Tsulasi Mazid yaitu yang terdiri dari 4 huruf (Tsulasi Mazid Rubai) Jumlahnya
ada 3 bab yakni spt اكرم (اَفْعَلَ )
, فَعَّلَ
dan فاعَلَ Spt c/: خَاصَ
<بباب واحد))>Fiil Rubai hanya satu bab yaitu فَعْلَلَ, Bab ini datang berupa Fiil Lazim spt c/: دَرْبَجَ – يُدَرْبِجُ () dan Mutaadi sptc/: دَحْرَجَ – يُدَحْرِجُ ()
<(ستا)> *ada 6 bab* Yaitu dari bab – babnya
Tsulasi Mujarodyang di tambahkan satu huruf < berarti Rubai Mujarod Yang
Mulhaq> Wazannya yaitu dibawah ini
<( فَوْعَلَ)>
C/: حوقل Asalnya Lafad حقل
<( فَعْوَلَ)>
C/: جهور Asalnya
Lafad جهر
<( فَيْعَل)>
C/: بيطر Asalnya
Lafad بطر
<(
فَعْيَلَ)> C/: عثير Asalnya Lafad عثير
<( فَعْلَىَ)>
C/: سلقى Asalnya
Lafad سلق
<(
فَعْلَل )> C/: جلبب Asalnya
Lafad جلب
<(اَكْرَمَ)> Asalnya Lafad كرم bab
ini ( Tsulasi Mazid Rubai Wazan افعل )itu pada umumnya datang berupa Fiil
Mutaadi dan datang berupa Fiil Lazim spt c/: ادبر () Faidah dari bab ini itu banyak Mushonef
akan menyebutkantentang kesempurnaan pembahasan faidah di dalam فصل ا
لفوائد

<(فاعل)> قاتل يقاتل
مقاتلة وقتا
asalnya lafad tsb قَتَلَ
وَاخْصُصْ خُمَاسِيًا بِذِي الاَوْزَانِ ©
فَبَدْؤُهَاكَانْكَسَرَ وَالثَّانِي
Tentukanlah
Fiil Tsulasi Mazid Khumasi Dengan wazan – wazan berikut
Yang
pertama spt انكسر (انفعل) dan yang ke dua
اِفْتَعَلَ افعْلََّ كَذَا تَفَعَّلا ©
نَحْوُ تَعَلَّمَ وَزِدْ تَفَاعَلا
اِفْتَعَلَ افعْلََّ
begitu juga wazan تَفَعَّل spt c.: تَعَلَّمَ
dan di tambah wazan تَفَاعَل
ثُمّ َالسُّدَاسِي اسْتَفْعَلا ©
وَافْعَوَّلَ افْعَنْلَى يَلِيْهِ افْعَنْلَلا
Kemudian
di dalam Fiil Tsulasi Mazid Sudasi dengan Wazan – wazan berikut اسْتَفْعَل
افْعَوَّلَ افْعَنْلَى yang beriringan
dengan wazan افْعَنْلَل
وَافْعَالَ مَا قَدْ صَاحَبَ اللامَيْنِ ©
زَيْدُ الرُّبَاعِيِ عَلَي نَوْعَيْنِ
Dan
wazan افْعَالَ yaitu ketika
lam (ل) Fiilnya
beriringan ( di Tasdidi)
Fiil Rubai Mazid itu ada 2 bagian
ذِيْ سِتَةٍ نَحْوُ افْعَلَلَّ
افْعَنْلَلا © ثُمَْ الخُمَاسِي وَزْنُهُ تَفَعْلَلا
Yang
pertama dr pembagian yaitu Fiil Rubi Mazid Sudasi wazannya افْعَلَلَ
dan ّ افْعَنْلَل
Yang kedua yaitu Fiil Rubai Mazid
Khumasi wazannya تَفَعْلَل
<(انْكَسَر )> انْكَسَر
يَنْكَسِرُ اِنْكِسَارً bab ini ( yg mengikuti
wazan (انفعلitu secara pastitidak ada Fiil
Mutaadinya di karnakan asalnya bab ini yaitu berfaidah Muthowaah, Muthowaah
yaitu Seorang yang melakukan pekerjaan menerima bekas dari pekerjaannya * انْكَسَر artinya menjadi pecah..maka ada bekas
dari pecahannya tsb*
<(ِفْتَعَلَ)> spt c/:
اجتمع يجتمع اجتماعا Asalnya lafad جمع
<( افعْلََّ)> spt c/:احمر
يحمر احمرار Asalnya lafad حمر
<( تَفَعَّل)> spt c/:تكسريتكسر تكسرا
Asalnya lafadكسر
<( تَفَاعَل)> spt c/:تباعد يتباعد تباغد
Asalnya lafad بعد
<( اسْتَفْعَل)> spt c/:استخرج يستخرج استخرجا
Asalnya lafadخرج
<( افْعَوَّلَ)>
spt c/:اعشوشب يعشوشب اعشيشابا Asalnya lafadعشب
<(افعوّل)> spt c/:
اجلوذ يجلوذ اجلواذ Asalnya lafadجلد
<( افْعَنْلَى)>
spt c/: اسلنقى يسلنقى اسلنقاء Asalnya lafadسلق
<( افْعَنْلَل)>
spt c/:اقعنسس يقعنسس اقعنساسا Asalnya lafadقعس
<( افْعَلَلَ)> spt c/:احمار
يحملر احميرارا
Asalnya lafadحمر
<( افْعَلَلَ)> spt c/:اقشعر يقشعر وقشعريرة Asalnya lafadقشعر
<( افْعَنْلَل)> spt c/: احرنجم يحرنجم احرنجاما Asalnya lafadحرجم
<(َتفَعْلَل)> spt c/: تدخرج يتدخرج تدخرجا Asalnya lafadدخرج
ما يزاد فيه
ثلاثة احرف وهو ستة ابواب
|
ما يزاد فيه
حرفان وهو خمسة ابواب
|
ما يزاد فيه
حرف واحد وهو الثلاثة ابواب
|
1. اِسْتَفْعَلَ نَحْوُ اِسْتَخْرَجَ
( )
2. اِفْعَوْلَ
نَحْوُ اِعْشَوْشَبَ
()
3. اِفَْعَوَّلَ نَحْوُ اِجْلَوَّدَ
()
4. اِفْعَنْلَى
نَحْوُ اِسْلَنْقَى
()
5. اِفْعَنْلَل
نَحْوُ اِقْعَنْسَسَ
()
6. اِفْعَالَّ
نَحْوُ اِحْمَارَّ
()
|
1. اِنْفَعَلَ
نَحْوُ اِنْكَسَرَ
(Menjadi Pecah)
2.
اِفْتَعَلَ نَحْوُ اِجْتَمَعَ
(Menjadi Kumpul)
3. اِفعلَّ نَحْوُ اِحْمَرَّ
()
4. تَفَعَّلَ
نَحْوُ تََكَسَّرَ
()
5. تَفَاعَلَ
نَحْوُ تَبَاعَدَ
()
|
1. اَفْعَلَ
نَحْوُ اَكْرَم
(Mulia)
2. فَعَّلَ
نَحْوُ حَرَّج
(Keluar)
3. فَاعَلَ نَحْوُ قَاتَلَ
(Saling Membunuh)
|
(باب
المصدروما يشتق منه)
BAB MASDAR DAN
LAFAD YANG TERCETAK DARINYA
وَمَصْدَرٌ اَتَى عَلَي ضَرْبَيْنِ ©
مِيْمِي وَغَيْرِهِ عَلَي قِسْمَيْنِ
Masdar terbagi
menjadi dua
Masdar Mim dan
Masdar Ghoiru Mim * Masdar Ghoiru Mim
juga dibagi dua
مِنْ ذِيْ الثَّلاثِ فَازَمِ الَّذِيْ سُمِعْ ©
وَمَا عَدَاهُ فَالقِيَاسُ تَتَبِعْ
1. Masdar Ghoiru Mim yang dari Fiil Tsulasi itu Samai
Dan 2. Masdar
Ghoiru Mim yang dari selain Tsulasi (Rubai,Khumasi,Sudasi) itu Qiasi
مِيْمِي الثُّلاثِى اِنْ يَكُنْ مِنْ اَجْوَفِ ©
صَحِيْحٍ اَوْ مَهْمُوْزٍ اَوْ مُضَعَّفِ
Masdar Mim dari
Fiil Tsulasi manakala Bina Ajwaf , Soheh , Mahmuz Atau Mudhoaf
اَتَى كَمَفْعَلٍ بِفَتْحَتَيْنِ ©
وَشَذَّ مِنْهُ مَا بِكَسْرِ العَيْنِ
Maka mengikuti
Wazan َمَفْعَلٌ dengan dibaca
Fathah keduanya (Mim<م> dan Ain<ع>nya)
Dan dihukumi Syadz ketika membaca kasroh pada
Ain<ع>fiilnya (مَفْعِلٌ)
كَذَا سِمُ الزَّمَانِ وَالمَكَانِ مِنْ ©
مُضَارِعٍ اِنْ لا بِكَسْرِهَا يَبِنْ
Begitu juga
Isim Zaman dan Isim Makan mengikuti wazan مَفْعَلٌ
apabila
Fiil Mudhorenya bukan yang dibaca kasroh (bab
2)
وَفْتَحْ لَهَا مِنْ نَاقِصٍ وَمَا قُرِنْ ©
وَاعْكِسْ بِمُعْتَلٍ كَمَفْرُوقٍ يَعِنْ
Dan bacalah
fathah pada Ain<ع>fiilnya Bina Naqis dan Bina Lafif Maqrun
Dan baliklah (bacalah kasroh Ain<ع>fiilnya ) pada Bina Mitsal dan Lafifi Mafruq
<(ميمي
الثلاث)>
spt c/: مَصَانٌ مَدْخَلٌ
مَمَدٌ
<(وشذ
الخ)> spt c/: مَطْلِعٌ dari Madhi طَلَعَ يَطْلَعُ dan مَسْجِدٌ dari
Madhi سَجَدَ
يَسْجُدُ
؟<(من ناقص )> مدعو مرمي
مسرا
؟<(ما قرن)>
spt c/:
معطوى dan مقوى
<(واعكس بمعتل)> Yang dimaksud dengan
Mutal di dalam bait ini yaitu kalimat yang
Fa (ف) Fiilnya berupa huruf
elat dan dinamakan dengan Bina Mitsal spt c/: موعد موضع موجل
مورث موسم
<(كمفرق)> spt
c/:
موقى موجى مولىSesungguhnya Bina Lafifi Mafruq disamakan seperti Bina Mitsal karna huruf
awalnya ( Fa (ف) Fiilnya) berupa huruf
elat. Dan disamakan seperti Bina Naqis karna huruf akhirnya (Lam (ل)Fiilnya)
berupa huruf elat, Menurut sebagian Ulama
Bina Lafif Mafruq Hukumnya mengikuti Bina Mitsal karna melihat kesamaanya Fa (ف) Fiilnya Mushonef mengikuti pendapat
ini ,Dan menurut sebagian ulama yang
lain Hukumnya sama dengan Bina Naqis karna kesamaanya Lam (ل) Fiilnya Imam yang
menyarahi kitab Murokh mengikuti pendapat ini
وَمَا عَدَا الثُّلاثِ كُلا اجْعَلا ©
مِثْلَ مُضَارِعٍ لَهَا قَدْ جُهِلا
Selain
Fiil Tsulasi (Rubai,Khumasi,Sudasi) Apabila kamu menjadikan Masdar Mim Isim Zaman / Isim Makan maka seperti Fiil
Mudhore yang di Mabni Majhulkan (ضم اوله وفتح ما
قبل اخره)
كَذَا اسْمُ مَفْعُولٍ وَفَاعِلٍ كُسِرْ ©
عَيْنًا وَاوَّلٌ لَهَا مِيْمًا يَصِرْ
Begitu
juga Isim Maful Dan Isim Fail, tapi pada
Isim Fail Ain (ع) Fiilnya dibaca Kasroh Sedangkan huruf Mudhoroahnya diganti Mim
(مثل مضارع ) Baik Fiil Mudhore yang Ain (ع) Fiilnya di baca Fathah atau Kasroh, akan tetapi kamu harus mengganti Huruf
Mudhoroahnya dengan Mim
·
Fiil Mudhore Wazannya (يَفْعُلُ) di mabnu majhulkan ضم اوله وفتح ما قبل اخره (يُفْعَلُ ) kemudian huruf
medhoroaahnya diganti Mim (مُفْعَلُ)
Nah..
Wazan مُفْعَلُ ini
berlaku untuk Masdar Mim ,Isim Zaman /
Isim Makan, Isim Maful
Dan untuk wazan Isim Fail مُفْعِلٌ , wazan tsb berlaku bagi selain Fiil
tsulasi. Yaitu
RUBAI , KHUMASI , DAN SUDASI
فعل ماض
مصدر ميم
اسم فاعل اسم مفعول اسم زمان/ اسم مكان
رباعي
: فَعَّلَ مُفَعَّلٌ فهو مُفَعِّلٌ وذاك مُفَعَّلٌ مُفَعَّلٌ 2
خماسي
: اِنْكَسَرَ مُنْكَسَرً فهو مُنْكَسِرٌ وذاك
مُنْكَسَرٌ
مُنْكَسَرٌ2
سداسي
: اِسْتَخْرَجَ مُسْتَخْرَجٌ فهو
مُسْتَخْرِجٌ وذاك مُسْتَخْرَجٌ مُسْتَخْرَجٌ2
(فصل في هيئت الفعل
الماضي معلوما ومجهولا وهمزة الوصل)
FASAL
MENERANGKAN TINGKAHNYA FIIL MADHI MABNI MA’LUM ,MAJHUL DAN HAMZAH WASHOL
وَاَخِرَالْمَاضِي افْتَحَنْهُ مُطْلَقَا ©
وَضَمُّ اِنْ بِوَاوِ جَمْعٍ اُلْحِقَا
Bacalah Fathah
pada akhir Fiil Madhi secara mutlaq (فعلَ)
Dan bacalah
Domah ketika bertemu dengan wawu jamak ( فعلُو)
وَسَكِّنِ انْ ضَمِيْرَ رَفْعٍ حُرِكَا ©
وَبَدْءُ مَعْلُوْمٍ بِفَتْحٍ سُلِكَا
Bacalah
Sukun ketika Fiil Madhi bertemu dengan
Domir Mutaharik Marfu (فعلْتَُِ)
Dan
awal Fiil Madhi Mabni Ma’lum dibaca Fathah
اِلاَّالْخُمَاسِىْ وَالسُدَسِىْ فَاكْسِرَنْ ©
اِنْ بُِدِئَا بِهَمْزِ وَصْلٍ كَامْتَحَنْ
Kecuali Fiil
Khumasi dan Sudasi maka dibaca Kasroh awalnya
Apabila diawali
dengan Hamzah Washol spt c/: اِمْتَحَنْ
<(مطلقا)>Muthlaq dari
qoyid/batasan, maka dibaca Fathah akhir Fiil Madhi itu Umum ,Baik Fiil Tsulasi
/Rubai ,Mazid dr keduanya(Tsulasi Mazid & Rubai Mazid) ,Lazim, Mutaadi,
Soheh, Mu’tal, Mudoaf, Mahmuz, Ma’lum dan Majhul
Walaupun
merofakan Isim Dohir maka tetap mutlaq atau
Domir Ghoib, Ghoibah ,2 Ghoib, 2 Ghoibah spt c/: ضرب
زيد,
ضربت هند,
زيد ضرب, هند ضربت,
الزيدان ضرب, الهندان ضربتا
<(سكن)>
Dibaca sukun (فعلْتَُِ)
karna melihat kumpulnya 4 harokat didalam satu lafad maka hal tersebut seperti
satu kalimat , sedangkan yang Saya (Mushonef) harapkanitu adalah Fiil Fail *berarti 2 kalimat dalam 1 lafad* spt c/:
ضربْتَُِ
ثُبُوتُهَا فِيْ الاِبْتِدَا قَدِالْتُزِمْ ©
كَحَذَفِهَا فِيْ دَرْجِهَا مَعَ الْكَلِمْ
Hamzah Washol wajib di tetapkan ketika berada di awal kalimat Seperti wajib di
buang ketika berada di tengah – tengah kalimat
كَهَمْزٍ اَمْرٍ لَهُمَا وَمَصْدَرِ ©
وَاَلْ وَاَيْمُنٍ وَهَمْزٍ كَاِجْهَرِ
Spt juga Hamzahnya Fiil Amar & Masdar bagi Khumasi Dan
Sudasi
Hamzahnya َاَلْ & َاَيْمُن juga spt c/: Hamzah اِجْهَر
وَاْبِنِمِ
ناِبْنِ نِانِبْنَةٍ وَاْثْنَيْنِ ©
وَامْرِئِ نِامْرَاَةِ نِاثْنَتَيْنِ
Hamzahnya lafad َاْبِنِمِ , اِبْنِ , انِبْنَةٍ ,َاْثْنَيْنِ , امْرِئِ , امْرَاَةِ ,اثْنَتَيْنِ
كَذَااسْمُ نِاسْتٌ فِيْ اْلجَمِيْعِ
فَاكْسِرَنْ © لَهَا
سِوَىْ فِيْ اَيْمُنِ اَلْ فْتَحَنْ
Begitu juga Hamzahnya lafad ِاسْتٌ Pada keseluruhan c/: tsb Hamzahnya di baca
Kasroh Kecuali Hamzahnya Lafad اَيْمُنِ& اَلْMaka
dibaca Fathah
وَاَمْرُ ذِيْ ثَلاثَةٍ نَحْوُقْتُلا ©
ضُمَّ كَّمَّا بِمَا ضِيَيْنِ جُهِلا
Fiil Amarnya Tsulasi spt lafad <اُفعل> اُقْتُلWajib di baca
dhomah Sama seperti Fiil Madhinya
Khumasi & Sudasi yang di Mabni Majhulkan
وَبَدْءُ مَجْهُوْلٍ بِضَمٍ حُتِمَا ©
كَكَسْرِ ساَبِقِ الَّذِيْ قَدْ
خُتَمَا
Huruf awal Fiil Madhi yang di Mabni Majhulkan itu wajib di baca
Dhomah Sama<wajibnya>
Membaca Kasroh pada huruf yang mendahului huruf akhir
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في ابنية الضارع المعلم والمجهول) FASAL MENERANGKAN BANGUNANNYA FIIL MUDHORE
MABNI MAJHUL & MA’LUM
مُضَارِعًا سِمْ بِحُرُوْفِ نَاتِيْ ©
حَيْثُ لِمَشْهُوْرِ الْمَعَانِيْ نَاتِيْ
Fiil Mudhore
itu di tandai dengan Huruf
Mudhoroah نَاتِيْ (ن, ا, ت, ي ) Yang sekiranya Mana dari huruf tersebut itu
sudah Masyhur
فَاِنْ بِمَعْلُوْمٍ فَفَتْحُهَا وَجَبْ ©
اِلاَّالرُّبَاعِيْ غَيْرُ ضَمِّ مُجْتَنَبْ
Fiil Mudhore
apbila Mabni Ma’lum maka huruf awalnya Wajib dibaca Fathah, Kecuali Fiil Rubai yang Huruf awalnya Wajib di baca Dhomah
وَمَا قُبَيْلَ الاخِرِاكْسِرْ اَبَدَا ©
مِنَ الَّذِيْ عَلَى ثَلاثَةٍ عَدَا
Huruf sebelum
akhir pada Fiil Mudhore wajib dibaca kasroh selamanya baik itu Fiil Tsulasi atau seatasnya ( Rubai,
Khumasi ,Sudasi)
فِيْمَا عَدَا مَا جَاءَ مِنْ تَفَعَلا ©
كَالا تِيْ مِنْ تَفَاعَلَ اَوْ تَفَعْلَلا
Tapi di
kecualikan dari hal ini (Huruf sebelum akhir
wajib dibaca kasroh) Yaitu Fiil Mudhore yang
mengikuti wazan تَفَعَل, تَفَاعَلَ& تَفَعْلَل (maka dibaca Fathah)
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
وَاِنْ بِمَجْهُوْلٍ فَضَمُهَا لَزِمْ ©
كَفَتْحِ سَابِقِ الَّذِيْ بِهِ اخْتُتِمْ
Fiil Mudhore ketika Mabni
Majhul maka wajib di baca Dhomah huruf awalnya
Sama spt
membaca Fathah huruf yang mendahului huruf akhir
وَاَخِرٌ لَهُ بِمُقْتَضَى الْعَمَلْ © مِنْ رَفْعٍ اَوْ نَصْبٍ كَذَا جَزْمٌ حَصَلْ
Huruf akhirnya
Fiil Mudhore itu tergantung dengan Amilnya
Baik dibaca Rofa , Nashob atau Jazm
اَمْرٌ
وَ نَهْيٌ اِنْ بِهِ لام تَصِلْ ©
اَوْلا وَسَكِنْ اِنْ يَصِحْ كَلِتَمِلْ
Fiil Mudhore
itu mempunyai mana Amar dan mempunyai mana Nahi Apabila bertemu dengan Lam (ل) Amar atau La (لا) Nahi, Bacalah Sukun akhir Fiil Mudhore
apabila Soheh Akhir spt c/: لِتَمِلْ
وَالاخِرِاحْدِفْ
اِن يُعَلْ كَالنُوْنِ فِيْ © اَمْثِلَةٍ وَنُونُ نِسْوَةٍ تَفِيْ
Buanglah akhir Fiil Mudhore ketika huruf akhirnya di i’lal(
berupa huruf elat), Sama halnya spt membuang Nun(ن) pada Afalul Khomsah, Tapi Nun (ن)nya Jamak Niswah jangan di buang (di
tetapkan)
وَبَدْاُهُ
احْذِفْ يَكُ اَمْرٌ حَاضِرِ © وَهَمْزَ نا سُكِنَ تَالِ صَيِِّرِ
Buanglah huruf awal pada Fiil Mudhore (yaitu
huruf mudhoroah), Maka menjadi Amar hadir apabila kamu menjadikan Hamzah sbg
pengganti huruf mudhoroah yang di buang
jika yang mengiring – ngiringinya itu sukun
اَوْ
اَبْقِي اِنْ مُحَرَكًا ثُمَ الْتَزِمْ
© بِنَا ءَهُ مِثْلَ مُضَارِعٍ جُزٍمْ
Atau
tetapkanlah (sisa huruf setelah huruf mudhoroah di buang ) , Jika yang
mengiring – ngiringnya itu berharokat() Dan Mabnikanlah spt Fiil Mudhore yang di baca Jazm
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في ابنية اسم الفاعل والمفعول والصفة المشبهة وامثلةالمبالغة)
كفاعل جئباسم فاعل كما ©
يجاء من علم او من عزما
وماض نابضم عين ناستقر ©
كضحم او ظريف الا ما ندر
وان
بكسر لازما جا كالفعل © والافعل الفعلان واحفظ ما نقل
بوزن مفعول كذا فعيل ©
جاء اسم مفعول كذا قتيل
لكثرة فعال او فعول ©
فعل او مفعال او فعيل
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
{}
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في تصريف الصحيح)
وماض او مضارع تصرفا © لاوجه كالامر والنهي اعرفا
ثلاثة لغائب كالغائبه ©
كذا مخاطب وكالمخاطبة
ومتكلم له اثنان هما © في غير امر ثم نهي علما
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في تصريف اسم الفاعل
واسم المفعول وحكم نون التوكيد)
لعشرة يصرف اسم الفاعل © فعلة وفاعلين فاعل
وفاعلين فعل فعال ©
وفيهما اضمم فا وشذا التالي
فاعلة فا علتين فاعلا ©
ت وفاعل كما قد نقلا
ثم اسم مفعول لسبع ياتي ©
مفعولة وثن مفعولات
كذك مفعول مثناه ومف ©
عولون ثم جمع تكسير يضف
ونون توكيد بالمر النهي صل ©
وذات خف مع سكون لا تصل
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
(فصل في الفوائد والابدال )
بالهمز والتضعيف عد ما لزم ©
وحرف جر ان ثلاثيا وسم
وغيره عد بما تاخرا ©
وان حدفتها فلازما يرى
لصادر من اراين فاعلا ©
وقل كالاله زيدا قاتلا
ولهما او زائد تفاعلا ©
وقد اتي لغير واقع جلا
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
وابدل لتاء الفتعال طاءان ©
فاء من احروف لاطباق تبن
كما تصير دالا ان زايا تكن ©
او دالا كالازدجار صن
وان تكن فالافتعال يا سكن ©
اوواواو ثا صيرن تا وادغمن
واحكم بزيد من اويسا هل تنم ©
هو ذالا فوق الثلاث ان بذي المرام تم
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
وغالب الرباع عد ما عدا ©
فعلل فاعكسن كدربج اهتدى
كل الخماس لازم الا افتعل ©
تفعل او تفاعلا قد احتمل
كذا السداس غيرباب استفعلا © واسرندى وغرندى بمفعول صلا
لهمز افعال معان سبعة ©
تعدية صيرورة وكثرة
حينونة ازالة وجدان ©
كذاك تعريض فذاالبيان
لسين الستفعال جا معاني ©
لطلب صيرورة وجدان
كذا اعتقاد بعداه التسليم ©
سؤالهم كاستخبر الكريم
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
<()>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar